Terbukti Ampuh!!! Gunakan 6 Tips Menggunakan Skincare untuk Kulit Berjerawat ini

skincare untuk kulit berjerawat

Memiliki kulit sehat, mulus tanpa jerawat adalah idaman kebanyakan wanita. Tetapi, realitanya banyak yang masih memiliki permasalahn kulit, salah satunya adalah kulit berjerawat. Bicara tentang permasalahan kult memang tidak ada habisnya apalagi kulit wajah. Kulit berjerawat biasanya membuat insecure bagi beberapa wanita.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah, seperti genetic, gaya hidup, hormon, dan lain sebagainya. Asupan nutrisi dan perawatan dari luar adalah solusi. Asupan nutrisi bisa dilakukan dengan konsumsi makanan gizi seimbang, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Nah, untuk perawatan dari luar biasanya menggunakan skincare untuk kulit berjerawat, entah dari klinik kecantikan maupun drugstore yang sudah menjadi langganan Ladies.

Urutan memakai skincare adalah satu rutinitas bagi kebanyakan wanita. Tetapi, tak semua langkahnya dilakukan dengan baik dan benar. Terkadang, dengan melihat klaim dari produk sudah langsung tergiur untuk membeli dan memakai produk tersebut.

6 Tips Sebelum Ladies Menggunakan Skincare untuk kulit

Nah, gimana sih tips menggunakan skincare untuk kulit berjerawat? Mari kita lihat tips menariknya di bawah ini;

Kenali tipe kulit

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah tipe kulit kita. Umumnya, ada beberaa jenis tipe kulit yaitu berminyak, normal, kering dan sensitive. Kenapa harus mengenalinya? Karena tipe kulit sangat mempengaruhi kondisi muka kita. Seperti halnya muka berjerawat.

tipe kulit

Memang tak selalunya muka berjerawat dijumpai pada tipe kulit berminyak, tetapi kebanyakan kulit berminyak berpotensi untuk menimbulkan jerawat. Umumnya, kondisi muka berminyak rawan tumbuh bakteri walaupun ini bukanlah menjadi penyebab utama. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memperhatikan tipe kulit kita, sehingga bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Berkonsultasilah ke dokter jika memang kurang mengerti dengan kondisi kulit saat ini. Biasanya dokter akan memberikan informasi yang tepat sesuai dengan kondisi muka kita.

Rajin membersikan muka

Setelah mengenali tipe kulit, sangat disarankan untuk rajin membersihkan muka kita. Membersihkan muka adalah hal yang wajib. Kegiatan ini dimulai dengan menggunakan micellar water atau make up remover guna membersihkan sisa make up  dan debu kotoran setelah berkegiatan diluar maupun didalam ruangan.

rajin membersihkan muka

Setelah membersihkan wajah dengan micellar water atau make up remover, dilakukan double cleansing menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Pemilihan facial wash pun harus disesuaikan dengan tipe dan kondisi kulit. kegiatan mencuci muka dilakukan untuk membersihkan sisa make up  dan debu kotoran hingga ke pori-pori. Selain mengetahui tipe dan kondisi kulit, mengetahui bahan aktif dalam produk  dan tidak kandungan detergen sangatlah penting. Contohnya Kandungan seperti salicylic acid berfungsi sebagai anti bakteri, sehingga sangat bagus terutama untuk muka yang berjerawat.

Alih-alih merawat wajah berjerawat, salah pilih sabun justru dapat memicu kemunculan jerawat baru. Dan perlu diingat! Dalam mencuci puka juga tidak boleh dilakukan sesering mungkin atau cukup 2 kali sehari. Karena kulit wajah juga masih memerlukan minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh, dan sering mencuci muka juga bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat.

Penggunaan scrub

Untuk mencegah timbulnya jerawat adakalanya memang membutuhkan scrub guna mengangkat sel kulit mati secara maksimal lain halnya dengan facial wash. Penggunaan scrub juga tak boleh dilakukan setiap hari, tetapi hanya boleh dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

penggunaan scrub

Tetapi saat kondisi muka berjerawat tidak disarankan untuk menggunakan scrub. karena melakukan exfoliasi saat muka berjerawat maka akan memperparah kondisi muka kita bahkan menimbulkan iritasi pada wajah.

Memilih toner

Toner merupakan hal yang wajib untuk mengembalihan pH kulit wajah kita setelah memakai facial wash. Saat muka berjerawat, sangat disarankan untuk tidak memilih produk yang mengandung banyak alcohol. Karena hal itu bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat.

Acne spot

Acne spot atau obat totol jerawat bisa dimasukkan kedalam urutan skincare kalian saat muka sedang berjerawat. Karena dengan menambahkan acne spot pada jerawat akan mengurangi pertumbuhan jerawat yang meradang.

Wajib sunscreen

Kenapa sunscreen menjadi hal yang wajib? Karena proteksi kulit wajah dari paparan sinar UV  adalah hal penting apalagi dengan SPF yang tinggi. Tapi perlu diingat! Pemilihan sunscreen saat muka berjerawat juga harus diperhatikan dan tentunya harus aman untuk kondisi kulit berjerawat.

sunscreen for acne

Dengan mengikuti tips di atas sangat besar kemungkinan jerawat tidak akan nongol lagi di wajah Ladies yang cantik. Jangan lupa, kenali skincare yang cocok untuk Ladies gunakan pada wajah yang sensitif yang bertujuan untuk mencegah timbulnya cerawat pada wajah kembali datang.

Demikian ulasan menarik mengenai tips cantik alami bagaimana cara menghilangkan cerawat tanpa obat yang berbahaya. Sembari mengenali dengan tepat penggunaan skincare yang tepat untuk kulit wajah, agar jerawat itu tidak selalunya muncul dan muncul lagi. Semoga tulisan ini menarik untuk Ladies dapat terapkan.

Dan terima kasih telah berkunjung, jangan lupa selalu tampil cantik dan menawan dalam beraktivitas keseharian Ladies. Make beautiful lips….

Posting Komentar

0 Komentar